Sunday, April 17, 2011

My Wonderful Childhood [TK]

Setelah hidup bertetangga di dekat rumah Mbah Iyem yang baik hati, aku pindah ke kontrakan lain, masih di desa yang sama.

Aku di sekolahkan di TK Pertiwi. Parahnya, ketika aku daftar TK di sana, aku berbisik ke ummi, "Ummi, di sini kan cuma ada kelas nol besar, nggak ada nol kecilnya." Jiah, aku sok tahu banget.

Aku bersahabat dengan seorang anak yang bernama Lia. Dia kebanyakan makan permen, giginya jadi gigis. Hahaha. Makannya ummi bilang, "Rajin-rajin sikat gigi, jangan banyak makan permen, nanti ndak gigis kaya Lia." Wkwkwk, ummi tega sekaliii .. Oiya, pensil warnanya bagus banget. Dan setiap aku minta ke ummi supaya dibelikan pensil warna yang sama, pasti nggak boleh.


Aku juga punya temen laki-laki, tapi aku lupa namanya. Dia dan gengnya adalah sekumpulan anak yang nakal. Sukanya njahilin anak perempuan dan dia suka banget ngece aku. Tapi kata guruku waktu itu aku nakal. Jadi nakal lawan nakal imbang.


Celana olahragaku TK udah bolong berkali-kali karena aku suka main prosotan. Seragam olahraga di kantor habis, jadi aku harus pakai seragam olahraga yang berbeda.


Aku belajar membaca sama ummi di suatu malam. Ummi sampai marah-marah karena aku nggak bisa, "Sisirrr huruf belakangnya apa?" Aku menjawab, "M? N? A?" Sampai akhirnya ummi bener-bener anyel dan menyuruhku tidur. Paginya, aku mendadak bisa membaca. Kemudian aku bilang ke ummi, "Ummi, huruf belakangnya sisir itu R kan?"


Aku juga dikasih tau sama ummi kalo huruf NG itu dibaca 'eng' sedangkan NY dibaca 'eny'. Paginya, waktu jalan-jalan olahraga bareng temen-temen sekolah, kami menemukan tulisan dengan huruf NG. Temen-temen sekelas sibuk mengeja huruf tersebut, terus aku bilang, "NG itu bukan dibaca 'eneg', tapi 'eng'!"


Aku dan tetanggaku, Okky, pergi ke kebon pisang tiap sore buat cari ulat. Aku juga diajari memanjat pohon sama Okky. Pokoknya waktu itu kelam banget!


Aku suka main ke rumah Okky, dia tinggal sama eyangnya, eyang Rumengan. Eyang Rumengan baik banget sama aku dan Muna. Beliau suka memberi boneka atau makanan. Hihi.


Aku dibeliin ummi celengan di tokonya Mbah Rejo, toko di seberang masjid tempat aku nantinya TPA.  Setiap hari aku nyelengi. Tapi kalau aku mau berangkat sekolah, celengan itu aku taruh di deket jendela ruang TV. Nah, kalau pas istirahat di sekolah aku kekurangan uang jajan, aku lari ke rumah buat ambil duit secara paksa di celengan tersebut. Cukup melongok lewat jendela, nggak perlu masuk rumah.


Aku pernah nanem taneman di depan rumah tapi nggak ada akarnya. Trus temenku yang kebetulan melihat ulahku bilang, "Kalo nanem taneman tapi nggak ada akarnya nanti bisa jadi duri banyak banget lho." Karena takut rumahku berduri, langsung aku cabuti semua tanamannya.


Aku sebel banget kalau mbak pembantuku nggak bukain pintu rumah waktu aku pulang sekolah. Digedor-gedor pintunya tetep nggak nongol orangnya. Akhirnya aku berinisiatif nyari pembantuku yang nggak taunya lagi pacaran dengan seorang pemuda yang tidak diketahui namanya.


Aku pernah kecipratan sambel waktu aku beli lotis. Trus aku nangis.


Aku dulu sama ummi sering pergi ke wartel buat telpon abi. Dan sekali telepon, antrinya panjaaaang banget. Maklum, belum jaman telpon genggam.


Aku pernah naik bis tingkat di Solo.


Aku TPA di Masjid deket warungnya Mbah Rejo.  TPAnya besar. Dibagi menjadi kelas-kelas, sesuai dengan kemampuan membaca Al-Quran nya. Kalau di kelas, temen-temen sekelas sering kagum sama tasku karena tasku itu tutupnya lucu, kalau dipencet buka. Modelnya kaya tas orang Jepang, tapi slempangan dan cewek banget. Warnanya ijo. Padahal tas itu lungsuran dari tanteku atau mungkin ummiku.


Aku pulang sendirian, nggak dijemput ummi. Kalo pulang lewat sawah dan lapangan, nanti pasti celananya ketempelan taneman Tumo Kathok. Kalo lewat jalan deket rumah kontrakan lama, nanti lewat warungnya bapak yang jual mie ayam. Dan pasti beliau nyapa, "Yasmiiin, baru pulang TPA ya?"


Aku pernah ke museum Dirgantara bareng anak-anak TPA.


Aku nggak bisa bedain kata piket dengan tiket. -.-


Aku dibeliin ummi alat dokter-dokteran. Dan aku seneng banget.


Aku pernah makan mie ayam dan kebanyakan pakai saos. Malemnya, perutku sakit.


Aku pernah njatuhin Muna dari sepeda waktu aku sepedaan di dalam rumah. -.- Trus aku dimarahin.

Aku sukanya ngelihatin pasiennya ummiku yang albino. -.- Kukira dia udah tua tapi kekanan-kanakan. Ternyata albino ..


Aku pernah memelihara ikan koi dan selalu mati.


Kadang-kadang, setiap sore yang cerah, aku, muna, dan pembantuku pergi ke lapangan buat nangkep capung. Kemudian capung-capung itu ditaruh di plastik dan dibawa pulang. Di rumah, aku punya toples khusus buat capung. Aku masukin capung itu dan aku tutup tutup toplesnya. Beberapa hari kemudian, capung-capung itu mati. Kemudian aku ganti dengan capung-capung yang lain. Semoga Allah mengampuni dosaku. 


Aku pindah ke Colomadu waktu aku TK nol besar, karena ummi udah selesai PTT. Di sana aku disekolahkan di TK Bhakti X Gawanan, TK Islam, tapi pakai kerudungnya cuma sekali seminggu.


Aku pernah ikut lomba drumband, tari, dan mewarnai.


Di TK, bu guru selalu memberi PR menulis di hari tertentu. Biasanya menulis biasa, tapi suaru hari aku mendapat PR huruf yang nggak aku kenal sebelumnya. Aku langsung tanya ke temen-temen, "Eh, kok PRnya kayak gini tho hurufnya?" Tapi ternyata PRku beda sendiri dengan PR teman-temanku yang semuanya huruf biasa. Pas di rumah, aku lapor ke ummi kalo aku dapet PR huruf aneh. Beliau bilang, "Ini huruf tegak bersambung." Aku pun dibantuin ummi nyelesain PR tersebut, tapi pas ngerjain PR aku malah nangis karena nggak bisa ngerjain. (sifat yang kadang masih kebawa sampai sekarang)


Aku pernah ngisi perpisahan dengan tari. Tapi di panggung, jarikku lepas. Vulgar. -.-

Aku harus lanjut sekolah ke SD. Temen-temenku sekelas banyak yang mau sekolah di SDN Gawanan 1. Tapi banyak juga yang mau sekolah di Solo. Habis itu aku bilang ke abi, "Bi, aku besok sekolahnya di Solo ya?" Abi bilang, "Iya, kamu mau gak sekolah di SDIT Nur Hidayah?" Aku menjawab, "Nggak mau. Maunya di Solo!"

2 comments:

  1. Haha. . . Gak nyangka Yasmin dulu mbeling. Eh, tumo kathok itu nama taneman?

    ReplyDelete
  2. ho.o, kalo gak salah namanya itu.
    dasar orang solo .. -_-

    ReplyDelete

Leave your comment here ..